Berapa Gaji Agen Properti? Ini Perhitungannya

Agen properti atau sering disebut dengan broker properti merupakan salah satu profesi yang memiliki banyak peminat. Bahkan, keberadaan broker properti ini sangat membantu untuk penjual dan pembeli yang sedang mencari properti baik untuk dibeli maupun sewa. Lalu berapa gaji agen properti? 

Broker properti merupakan jembatan antara pembeli dan penjual. Oleh sebab itu, keberadaan profesi ini akan sangat membantu proses jual beli properti. Salah satu hal yang cukup menggiurkan dari profesi ini yaitu komisi penjualan. Komis inilah yang membuat gaji seorang broker properti menjadi sangat tinggi.

gaji agen properti

Menghitung Gaji Agen Properti

Seorang agen properti yang menjadi jembatan antara penjual dan pembeli, berhak mendapatkan reward atau komisi atas suksesnya transaksi jual beli tersebut. Untuk menghitung berapa komisi yang didapatkan agen properti, hal ini sudah diatur dalam Peraturan Kementerian Perdagangan No. 51 tahun 2017 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti. 

Disebutkan pada pasal 12 bahwa komisi yang diterima oleh broker properti yaitu 2% sampai 5% dari nilai transaksi. Namun hal ini hanyalah pedoman, biasanya persentase komisi yang didapatkan agen juga melihat kondisi tertentu. 

Misalnya, kamu agen properti yang bergabung dengan perusahaan tertentu maka komisi yang didapatkan tergantung peraturan perusahaan tempatmu bekerja. Selain itu, skill yang lebih tinggi akan membantu kamu mendapatkan komisi yang tinggi juga

Umumnya, gaji yang akan didapatkan broker antara 2% sampai 3,5% dari nilai transaksi. Hal ini juga dilihat dari target penjualan, waktu yang dibutuhkan untuk kesepakatan dan sebagainya. Tapi tak menutup kemungkinan, seorang agen properti mendapatkan komisi 5% dari nilai penjualan karena jasa yang ditawarkan meliputi konsultasi, proses administrasi hingga penyelesaian akad kredit. 

Sebagai contoh, kamu akan menjual rumah seharga Rp. 4.000.000.000 dan seluruh biaya dokumen hingga selesai mencapai Rp. 10.000.000. Berikut simulasi komisi yang kamu dapatkan:

2,5% (4.000.000.000 – 10.000.000)

2,5% x 3.990.000.000

Komisi yang akan kamu dapatkan sekitar 9,9 juta, namun perhitungan ini tidak bisa dijadikan acuan terutama bagi broker properti yang bergabung dengan perusahaan karena tiap perusahaan akan menerapkan ketentuan komisi yang berbeda.

Kuasai Hal ini Agar Jadi Agen Properti Sukses

Karena komisi yang cukup menggiurkan, kamu perlu memiliki skill tertentu agar mampu menghasilkan gaji tinggi. Bekerja sebagai broker properti tentu tidak mudah, apalagi jika kamu bekerja mandiri tanpa bergabung dengan perusahaan. Lalu apa saja ilmu yang harus dikuasai oleh seorang broker properti?

Sarana Pembiayaan Properti

Untuk menjadi seorang agen properti yang sukses dengan gaji tinggi, kamu harus menguasai pengetahuan tentang sarana pembiayaan, misalnya KPR. Informasi seperti ini sangat dibutuhkan oleh calon pembeli dan mereka akan merasa puas dengan layanan yang kamu berikan. 

Nilai Properti

Meskipun hanya sebagai perantara antara penjual dan pembeli, kamu juga harus memiliki ilmu tentang menilai harga properti. Apakah nilai properti yang ditawarkan developer terlalu tinggi atau rendah untuk segmentasi pasar mereka. Semakin banyak ilmu yang kamu miliki, maka kamu bisa menjadi agen properti yang sukses.

Investasi Properti

Tidak hanya menguasai ilmu tentang nilai properti, kamu juga harus bisa mengukur keuntungan masa depan untuk calon pembeli yang akan membeli properti sebagai investasi. Sebab calon pembeli yang ingin berinvestasi, mereka akan mempertimbangkan penilaian broker properti karena dianggap ahlinya. 

Penggunaan Teknologi

Sebagai agen properti, kamu juga harus menguasai teknologi agar bisa memasang listing properti dan memperluas relasi.

Memahami Pajak dan Hukum

Salah satu ilmu yang harus dikuasai oleh agen properti yaitu masalah hukum dan pajak. Kamu juga harus memahami jenis sertifikat karena memiliki harga yang berbeda. Ilmu yang kamu miliki akan bermanfaat bagi calon pembeli dan bisa membuka kesempatan untuk mendapatkan komisi yang lebih besar.

Itulah perhitungan gaji agen properti dengan berbagai pertimbangan. Sebagai agen properti pemula, kamu harus banyak belajar dan menguasai skill agar membuka peluang di masa depan. Banyak ilmu yang harus dipelajari untuk menjadi broker properti yang sukses.

Share this post

Artikel Lain

Rekomendasi

10 Merk Mesin Cuci Hemat Listrik yang Terjangkau

10 Merk Mesin Cuci Hemat Listrik yang Terjangkau Memilih perangkat elektronik yang digunakan sehari-hari salah satunya harus hemat listrik, jangan sampai kita membeli peralatan elektronik

material lantai
Interior

4 Jenis Material Lantai yang Paling Banyak Dipakai

4 Jenis Material Lantai yang Paling Banyak Dipakai Membangun dan merenovasi rumah merupakan salah satu hal yang butuh ketelitian. Memilih material yang tepat untuk lantai

Kontak

Ruko Neo Piazza, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.30, Banten 15518

(021) 59993472

Ikuti Kami

©Copyright Prime Home 2022

Open chat
Halo, Prita di sini!
Cari rumah di mana? Prita bantu, yuk.