Tips Bercocok Tanam di Rumah untuk Pemula

Berkebun menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bisa menjadi salah satu cara self-healing paling sederhana. Apalagi jika Anda bercocok tanam di rumah dan bisa menikmati hasil kebun untuk makanan sehari-hari. Meskipun prosesnya panjang, namun berkebun bisa mengajarkan kesabaran. 

Banyak pemula yang kesulitan untuk memulai berkebun, padahal jika Anda mengetahui langkah-langkahnya pasti Anda akan suka berkebun. Apalagi untuk Anda yang memiliki rooftop garden atau taman di belakang rumah, dengan berkebun juga akan membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk. 

Ada banyak sekali manfaat berkebun yang bisa Anda rasakan. Mulai dari menghilangkan rasa jenuh, belajar sabar, sampai merasakan hasil kebun. Namun untuk memulai berkebun, Anda harus mempersiapkannya dengan matang.

bercocok tanam di rumah

Langkah-langkah Berkebun untuk Pemula Agar Menghasilkan

Bagi Anda yang memiliki area taman belakang, rooftop garden atau taman depan rumah ada baiknya memanfaatkannya sebaik mungkin untuk bercocok tanam. Anda bisa memilih tanaman yang mudah perawatannya serta hasilnya bisa dinikmati bersama keluarga.

Sebagai pemula, berikut ini beberapa langkah untuk memulai berkebun agar menghasilkan:

1. Memilih Jenis Tanaman

Saat Anda ingin bercocok tanam di rumah, pastikan Anda memilih jenis tanaman yang mudah perawatannya dan bisa menghasilkan. Misalnya Anda bisa memilih tanaman cabe, selada, sawi, terong dan lainnya. Atau Anda juga bisa memilih tanaman hias yang mudah perawatannya. 

Setelah menentukan jenis tanaman, Anda bisa menentukan metode berkebun yang paling mudah dan menyesuaikan area taman yang Anda miliki. Misalnya Anda memiliki area taman indoor, maka Anda bisa gunakan metode polybag atau menggunakan pot agar lebih mudah perawatannya. Selain itu, Anda juga sebaiknya memilih tanaman indoor yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari, contohnya kaktus. 

2. Proses Penyemaian Bibit

Sebelum ditanam, Anda harus melakukan penyemaian terlebih dahulu. Proses ini bertujuan untuk mencari bibit terbaik dan layak untuk disemai. Misalnya Anda ingin menanam sayuran atau buah, maka proses ini akan menentukan keberhasilan Namun tidak semua tanaman membutuhkan proses penyemaian, misalnya tanaman bayam yang bisa langsung Anda tanam tanpa proses penyemaian. 

Proses penyemaian ini akan memakan waktu kurang lebih selama 3 minggu. Jika bibit yang disemai mulai menunjukkan pertumbuhan, selanjutnya Anda bisa memindahkannya ke pot atau polybag. 

3. Tentukan Jadwal

Setiap tanaman memiliki siklus pertumbuhan yang berbeda, bahkan bisa tergantung cuaca dan musimnya. Anda bisa menentukan jadwal penanaman sesuai dengan masa pertumbuhan tanaman. Misalnya saat ini musim hujan, maka Anda bisa menanam bayam, selada dan daun bawang karena akan tumbuh dengan cepat. 

4. Beri Nutrisi Tanaman

Tanaman yang telah melalui proses penyemaian tetap harus diberikan nutrisi agar bisa tumbuh dan panen dengan hasil yang banyak. Anda bisa memberikan nutrisi untuk benih yang ditanam serta memberikan jarak tanam yang ideal agar saat tanaman tumbuh tinggi, tidak saling merusak tanaman sebelahnya. 

Anda bisa memilih pupuk organik atau NPK agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Bahkan banyak sekali jenis pupuk alami yang bisa Anda coba untuk tanaman di rumah Anda.

5. Siram dan Tunggu Hingga Panen

Setelah bibit ditanam dan diberi nutrisi, Anda harus rajin menyiram tanaman dan membuat tanaman mendapatkan sinar matahari penuh. Cara ini cukup efektif membuat tanaman tumbuh subur dan bisa panen dengan hasil yang terbaik. 

Masa panen tiap tanaman berbeda, tergantung karakteristiknya. Banyak sayuran yang lebih cepat panen seperti selada, bayam dan sawi. Jika Anda memilih tanaman hias, ada baiknya Anda harus memotong daun-daun yang membusuk agar tidak menular ke daun lainnya.

Bercocok tanam di rumah bukanlah hal yang sulit dilakukan asalkan ada kemauan dan harus bersabar. Proses ini tidak memakan waktu yang lama dan Anda bisa menikmati hasil panen tanaman kebun rumah sendiri. Apalagi Anda bisa menggunakan metode hidroponik untuk menghasilkan sayur dan buah yang segar untuk keluarga. Semoga menginspirasi! 

Share this post

Artikel Lain

keunggulan batako
Material

Keunggulan Batako untuk Membangun Rumah

Keunggulan Batako untuk Membangun Rumah Sedang membangun rumah atau berencana membangun rumah impian dalam waktu dekat? Kamu bisa memilih banyak material yang tersedia. Salah satunya

Kamar Tidur

10 Desain kamar Tidur dengan Lampu LED Modern

10 Desain kamar Tidur dengan Lampu LED Modern Bosan dengan suasana kamar dan ingin mengubah sedikit interiornya tanpa banyak biaya? Tenang saja, kamu bisa menggunakan

Kontak

Ruko Neo Piazza, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.30, Banten 15518

(021) 59993472

Ikuti Kami

©Copyright Prime Home 2022

Open chat
Halo, Prita di sini!
Cari rumah di mana? Prita bantu, yuk.